Cara Desain Kaos Agar Gambar Menempel


Holaa sob akhirnya aku sempat nulis lagi eh ngetik artikel diblog ini, dan juga punya semangat lebih untuk menulis ini. Mengapa? Karena yang akan aku bahas adalah tutorial. Tutorial tentang apa gan? Yups, yang akan aku bahas tutorial tentang desain grafis. Tapi desain grafis itu luas ya sob, disini aku mau berbagi info cara membuat desain kaos. Entah kenapa aku suka yang namanya desain-mendesain tentang grafis yaitu olah gambar. Aku masih sekolah kelas 11 pas ngetik artikel ini, disekolah aku sering dikasih kasih tugas sama teman-teman. Haha iya teman-teman bukan guru, tapi tugasnya teman-teman saya minta tolong untuk membuatkan desain.

Desain apa saja gan? Yahh macam-macam, dari desain kaos, sticker, banner, spanduk, pamflet,pin, cocard dan editing foto atau gambar. Tapi yang paling sering itu desain kaos sob. Wuiihh berarti agan jago mahir sekaligus ahli dong dalam urusan desain-mendesain? Ah ya enggak juga sih sob sebatas bisa dan hobi. Ya, hobiku editing grafis disoftware adobe photosop, corel draw, atau kalau video diadobe after effect. Pernah sob ane disuruh teman aku buat edit fotonya jadi cakep. Nah loh, emang bisa? Bisa sob. Caranya gan? Ah cari aja digoogle. Haha

Nah sekarang basa-basinya sudah dulu ya hehe, enak kan kalau pakai basa-basi terasa deket sama aku? Eh, (aku jomblo lho tapi aku cowok wkwkw mungkin sobat yang baca ada yang cewek) kan lumayan hahah canda deh. Oke fix, kali ini aku mau share tutorial tentang cara membuat desain kaos realistis bisa menmpel dikaosnya. Loh, maksudnya bagimana gan bisa menempel itu? Iya maksudnya sih gambar atau tulisannya seolah-olah dilihat bisa benar-benar menempel dikaos mengikuti lekuk-lekukan kaosnya jadi dilihat seperti gambar itu sudah disablon dikaosnya itu padahal belum disablon. Bisa untuk membuat desain kaos distro sob.

Jadi, ini bisa membantu sobat banget nih, semisal kalau sobat mau bikin desain kaos sendiri untuk dipakai sendiri atau dipakai buat komunitas atau disuruh seseorang buat desain kaos. Lumayan lho sob, sobat bisa bisa pasang tarif, hihi. Nah malah ngelantur kan, oke kembali ke topik lagi. Nah kita butuh yang namanya mockup? Apa yang dimaksud mockup? Mockup dalam dunia grafis photoshop adalah gambar seperti dasaran yang dimaksudkan untuk diberi objek diatasnya dan bisa menyatu (itu menurut pemikiran aku sob, sebaikanya jangan percaya. Jangan percaya wkwk)

Jadi bentuk mockup itu ada bermacam-macam bentuk. Ada mockup kaos, jaket, ziphoodie, hoodie, sepatu, tas, topi, baju, celana dan lainnya dengan tujuan agar mudah dalam memberi suatu objek diatasnya yang dimaksudkan untuk mendesain sebelum barangnya dijadikan real atau nyata dengan suatu desain tersebut. Dimana cara mendapatkan mockup kaos real? Tenang sob, nanti bakal aku sediain link download mockup kaos format psd nya kok. Kok psd? Ya iya emang format mesti kudu dan harus psd kalau ngeditnya di photoshop. Lah wong file standar document photoshop aja psd kok, wkwkw gimana sehh.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara mendesain kaos dengan mockup psd agar terlihat real seperti gambar kaos asli yang difoto :

    1. Pertama-tama sobat harus punya alatnya untuk ngedit, apa itu? Batu? Ngawur deh, yaa laptop atau komputer lah buat buka adobe photoshop

    2. Lalu download mockup tshirt kaos real seperti kaosnya digantung dijemuran pakaian atau namanya hanger wkwk. di https://www.mediafire.com/?2hfcw3dw1ngss9u

    3. Jika sudah buka software adobe photoshop sobat, mulai deh eksekusi itunya. Apanya? Ya mockupnya lah.

    4. Setelah terbuka photoshopnya buka file mockupnya. Bagaimana cara membuka file atau gambar diphotoshop? Caranya tekan ctrl+o aja biar cepet. Wkwkw langsung cari deh dimana sobat menyembunyikan barang itu. Eh file mockup maksudnya.  

    5. Buka juga gambar yang mau dibuat desain pada kaos, bisa juga pakai tulisan sih. Dan pada intinya, dari tulisan artikel ini yaitu cum menempel gambar aja ke mockupnya. Dan intinya juga sobat harus punya gambarnya dulu, dan yang sebenarnya desain gambar ya emang buat gambarnya dari 0 disini aku cuma kasih tau cari pasangnya aja. Hehe

    6. Setelah itu, masukkan gambar tarik dan letakkan gambar pada jendela/windows photoshop mockupnya tadi dan taruh ke layer diatasnya tulisan (Desain Goes Here) Nah jika objek tulisan maupun tulisan diletakkan ditempat itu maka objek itu gambar bisa tampak atau nampak menempel pada kaosnya. Seperti sudah kaos jadi disablon


Nah, itulah sedikit tutorial yang aku bisa berikan pada kesempatan kali ini, dikarenakan bahasa saya belibet-belibet mungkin sobat masih ada yang bingung dan belum paham, sumonggo (dipersilahkan) komentar di kolom komentar bawah ini ya. Selamat berdesain ria, mohon maaf jika panjang lebar dan banyak salah kata. Dan salam art! semangart braddd..!!

Jika mau kopi artikel ini cantumkan sumber blog ini ya sob? Thanks.


   

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

2 Responses to "Cara Desain Kaos Agar Gambar Menempel"